Satu Lagi Vaksin Virus Corona Dengan Hasil Menjanjikan dan Teruji

Satu Lagi Vaksin Virus Corona Dengan Hasil Menjanjikan dan Teruji

Satu Lagi Vaksin Virus Corona Dengan Hasil Menjanjikan dan Teruji-Virus Corona sepertinya telah memasuki tahap aman dimana saat ini , Satu lagi vaksin virus Corona potensial yang dikembangkan para peneliti di China kembali memberikan harapan. Saat diuji coba pada monyet, vaksin yang di injeksi ke tubuh primata itu tidak menunjukan adanya reaksi penolakan ataupun masalah keamanan.

Saat ini, vaksin yang diyakini bisa menjadi harapan semua orang itu sedang dalam fase percobaan pada lebih dari 1.000 orang peserta. Dalam jurnal medis Cell, kandidat vaksin yang disebut BBIBP-CorV menginduksi antibodi yang bisa memblokir virus menginfeksi sel pada monyet, tikus, dan kelinci selama percobaan.

“Hasil ini mendukung evaluasi lebih lanjut terkait BBIBP-CorV dalam uji klinis,” kata peneliti yang dikutip dari Reuters, Kamis (11/6/2020).

Vaksin BBIBP-CorV ini dikembangkan oleh Beijing Institute of Biological Products, yang bekerja sama dengan grup farmasi nasional China (Sinopharm). BBIBP-CorV ini juga adalah salah satu kandidat vaksin yang diuji pada manusia.

Saat ini lebih dari 100 vaksin virus Corona COVID-19 potensial sedang dalam tahap pengembangan di seluruh dunia. Beberapa vaksin terdepan yang sedang dalam uji coba pada manusia dikembangkan oleh AstraZeneca (AZN.L), Pfizer (PFE.N), BioNtech (22UAy.F), Johnson & Johnson (JNJ.N), Merck (MRK.N), Moderna (MRNA.O), Sanofi (SASY.PA) dan CanSino Biologics China.

Selain lebih aman dan menghasilkan kekebalan pada hewan, para peneliti mengatakan BBIBP-CorV tampaknya tidak memicu antibodi yang bisa menyebabkan infeksi, yang disebut fenomena peningkatan antibodi-dependen (ADE). Dalam uji klinis, lebih dari 2.000 orang di Wuhan telah diberikan dua suntikan vaksin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *