Pasca Penyerangan Gereja Santa Lidwina, Ibadah Rabu Abu Ditiadakan

Pasca Penyerangan Gereja Santa Lidwina, Ibadah Rabu Abu Ditiadakan

Pasca Penyerangan Gereja Santa Lidwina, Ibadah Rabu Abu Ditiadakan-Pasca Penyerangan Gereja Santa Lidwina, Rabu Abu DitiadakanPra-paskah yang biasanya akan dijalankan umat Katolik pada Rabu Abu 14 Februari 2018 , tidak dijalankan di Gereja Santa Lidwina Bedog. Hal ini mengingat bahwa Gereja Santa yang masih masa pemulihan pasca penyerangan berdarah Minggu lalu.

“Untuk ibadah Rabu (Abu) kemungkinan belum bisa, karena gereja masih perlu perbaikan, kecuali kalau sudah selesai dan bisa dipakai,” kata Pastor Kepala Gereja St. Lidwina Bedog Sleman Romo Yohanes Dwi Harsanto, Selasa 13/2/2018.

Pasca Penyerangan Gereja Santa Lidwina, Ibadah Rabu Abu DitiadakanIbadah Rabu Abu merupakan hari pertama masa Pra-Paskah dalam liturgi tahunan gerejawi. Hari itu ditentukan jatuh pada hari Rabu, 40 hari sebelum hari Paskah tanpa menghitung hari-hari Minggu, atau 44 hari (termasuk hari Minggu) sebelum hari Jumat Agung atau saat penyaliban Yesus. Pada hari itu umat yang datang ke gereja dan dahinya diberi tanda salib dari abu sebagai simbol upacara ini.

Romo Santo, panggilan akrab Yohannes Dwi Harsanto, menuturkan sebenarya tidak ada pengerjaan bagian gereja yang terlalu berat. Namun pihaknya mempertimbangkan penyembuhan trauma bagi warga khususnya anak-anak dan lanjut usia yang menjadi saksi langsung teror penyerangan Ahad lalu. Untuk jadwal misa ke depan pun pasca penyerangan ini justru bertambah banyak. Tak hanya hari Minggu.

BACA JUGA : Suara Dunia

Sebelumnya diberitakan, Pelaku yang bernama Suliono yang merupakan warga Banyuwangi, Jawa Timur , melakukan penyerangan terhadapa umat dan pastor Karl Edmun Prier Sj , yang akrab disapa romo Prier di Gereja Santa Lidwina Bedog.

Pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian setelah tembakan polisi mengenai kedua kaki pelaku dan langsung dirawat di RS Bhayangkara.

 

Pasca Penyerangan Gereja Santa Lidwina, Ibadah Rabu Abu Ditiadakan

NONTON JUGA : BioskopQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *