Ombudsman Soroti Standar Baku Rehabilitasi Soal Tersangka Narkoba

Ombudsman Soroti Standar Baku Rehabilitasi Soal Tersangka Narkoba

Ombudsman Soroti Standar Baku Rehabilitasi Soal Tersangka Narkoba-Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba berjenis sabu. Ombudsman RI menyoroti standar baku rehabilitasi tahanan kasus penyalahgunaan narkoba.

Ninik lantas mengimbau kepada seluruh penegak hukum, mulai dari penyidik, jaksa penuntut umum, dan hakim supaya dapat mengubah cara ketika menangani perkara penyalahgunaan narkoba agar tidak maladministrasi pemidanaan. Selain itu, dia juga menilai bahwa upaya melakukan perubahan pada pelaku penyalahgunaan lewat rehabilitasi juga belum efektif.

Perlu diketahui, pada penghujung tahun 2017, Ombudsman telah memberikan saran kepada ketiga lembaga negara tersebut. Meski dari hasil monitoring Ombudsman RI, ketiga lembaga masih belum mampu menyeragamkan standar program pelayanan rehabilitasi bagi pasien, lantar belum mendapatkan kesepakatan antara ketiganya.

“Sedihnya Ombudsman juga menemukan data bahwa ketiganya masih sulit melakukan koordinasi untuk perbaikan, maka pendekatan penanganan narkotika lebih cenderung pada pemidaan dan berakhir pada pemenjaraan pelaku, dan melupakan pentingnya rehabilitasi, ” kata Ninik.

Sebelumnya, diberitakan Nunung bersama suaminya, July Jan Sembiran, ditangkap di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7). Saat penggeledahan, polisi menemukan barang bukti narkotika berjenis sabu seberat 0,36 gram.

Sedangkan hasil tes urine, Nunung dan suaminya, positif menggunakan narkoba. Bukan hanya Nunung-July saja, polisi juga menangkap pengedar sabu Hery. Barang bukti yang diamankan di antaranya 2 klip kecil bekas bungkus sabu, satu buah bong sabu dari botol plastik, pipet kaca untuk sabu, 1 korek gas, dan 4 buah ponsel.

Ombudsman Soroti Standar Baku Rehabilitasi Soal Tersangka Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *