Ombudsman Minta Kominfo Evaluasi Pembatasan Internet di Papua

Ombudsman Minta Kominfo Evaluasi Pembatasan Internet di Papua

Ombudsman Minta Kominfo Evaluasi Pembatasan Internet di Papua-Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar pertemuan dengan Ombudsman RI. Berdasarkan hasil pertemuan, Ombudsman meminta Kominfo mengevaluasi pembatasan internet di Papua-Papua Barat dan melakukan pemulihan secara bertahap.

Alvin mengatakan banyak hal yang dibahas pada pertemuan yang berlangsung selama satu jam tersebut. Ombudsman, kata dia, untuk memberikan masukan kepada Kominfo agar menentukan syarat dan mekanisme pembatasan layanan internet.

Alvin mengatakan, dalam pertemuan, Kominfo menjelaskan untuk melakukan pembatasan akses internet berdasarkan koordinasi dengan berbagai institusi. Di antaranya Badan Inteligen Negara, Kepolisian, TNI dan lembaga keamanan negara.

Alvin mengatakan, apabila dilakukan pembatasan akses internet, Kominfo hendaknya memberikan penjelasan secara transparan. Menurutnya internet merupakan bagian dari kebutuhan pokok masyarakat.

“Kemudian apabila juga perlu dilakukan pembatasan akses internet tersebut evaluasinya bagaimana, kriteria penilaiannya dan juga transparansi serta akuntabilitasnya, pertanggungjawabannya. Karena internet ini sudah merupakan bagian dari kebutuhan pokok sehari-hari, seperti listrik sudah,” kata Alvin.

Sementara, Direktur Jenderal Aplikasi Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Kominfo akan melakukan koordinasi dengan pihak yang terkait seperti Kepolisian, BIN, dan pihak keamanan negara. Ia juga mengatakan bakal mengevaluasi soal pembatasan layanan internet di Papua-Papua Barat.

Samuel mengatakan, sampai saat ini pembatasan akses internet di Papua-Papua Barat masih berlangsung. Semuel mengatakan, pembatasan tersebut dihentikan apabila pihak keamanan negara menyatakan situasi di Papua-Papua Barat sudah kondusif.

Ombudsman Minta Kominfo Evaluasi Pembatasan Internet di Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *