MPR Uji Pengetahuan Konstitusi dan Kenegaraan Mahasiswa di Ajang Ini

MPR Uji Pengetahuan Konstitusi dan Kenegaraan Mahasiswa di Ajang Ini

MPR Uji Pengetahuan Konstitusi dan Kenegaraan Mahasiswa di Ajang Ini-Setelah dibuka secara resmi oleh sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, kini digelar pengarahan teknis dan undian pembentukan kelompok dan jadwal lomba untuk masing-masing peserta untuk pekan konstitusi. Pengarahan ini dipimpin oleh Kepala Biro Pengkajian MPR RI Yana Indrawan, serta dihadiri seluruh panitia lomba, para peserta dan dosen pendamping.

Rangkaian Pekan Konstitusi MPR tahun 2019 yang berlangsung pada 24 Agustus sampai 30 Agustus 2019 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba seputar konstitusi negara dengan Putaran Final Debat Konstitusi, presentasi Constitutional Drafting dan presentasi Karya Tulis Ilmiah.

Sekitar 100 lebih mahasiswa dan mahasiswi terpilih dari 26 Perguruan Tinggi perwakilan berbagai provinsi di Indonesia akan menunjukkan kemampuan intelektualnya seputar konstitusi dan kenegaraan Indonesia dalam ajang lomba-lomba tersebut.

Format kompetisi dibagi 4 babak yaitu babak penyisihan dengan 10 lomba yang akan dilaksanakan pada 26 Agustus, Babak Perempat Final dengan 6 lomba pada 27 Agustus, Babak Semifinal dengan 2 lomba dan Final Juara III pada 28 Agustus dan terakhir Babak Final 28 Agustus 2019. Pada 29 Agustus dilaksanakan penutupan Pekan Konstitusi dan pembagian hadiah.

Para peserta 3 lomba dalam rangka Pekan Konstitusi MPR 2019 merupakan peserta yang lulus seleksi wilayah di daerah masing-masing. Peserta putaran Final Debat Konstitusi 2019 adalah 19 pemenang Debat Konstitusi seleksi wilayah ditambah juara I pada Final Debat Konstitusi MPR tahun 2018.

Lalu peserta presentasi Academic Constitutional Drafting MPR 2019 terdiri dari 6 perguruan tinggi yang telah mengirimkan naskah akademik dan telah dinyatakan sebagai finalis oleh Dewan Juri.

MPR Uji Pengetahuan Konstitusi dan Kenegaraan Mahasiswa di Ajang Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *