Kominfo Akan Tutup Game Fight of Gods Karena Potensi Berikan Isu Sara

Kominfo Akan Tutup Game Fight of Gods Karena Potensi Berikan Isu Sara

Kominfo Akan Tutup Game Fight of Gods Karena Potensi Berikan Isu Sara-Game Fight of Gods yang baru baru ini menjadi kontroversi menimbulkan kecaman dari sejumlah pihak. Salah satunya adalah negara tetangga Malaysia yang sudah menutup akses game streaming ini . Menurut beberapa pendapat game ini berpotensi menimbulkan gesekan SARA.

Hal ini juga disoroti oleh pihak Kementrian Komunikasi dan Informatikan (kominfo) pun segera memberikan surat resmi agar pihak Steam dapat bekerja sama dengan masalah ini .

Kominfo Akan Tutup Game Fight of Gods Karena Potensi Berikan Isu SaraSeperti yang sudah kita ketahui bahwa permainan ini merujuk pada pertarungan para dewa yang berkarakter seperti dewa , nabi dan tuhan dari suatu agama tertentu. Game yang hanya bisa dimainkan di PC ini kemudian dijual melalui platfrom Steam.

Pemerintah Malaysia sendiri beberapa waktu lalu sempat memblokir akses internet di negaranya ke Steam. Namun, pihak Steam akhirnya meminta maaf dan menghapus game dari platform-nya agar pemerintah Malaysia mau membukakan kembali akses yang sempat diblokir itu.

Sementara itu di Indonesia, menurut penuturan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Steam agar memblokir game tersebut dari wilayah Indonesia.

“Iya, kami sudah mengirim surat untuk segera dilakukan geo blocking untuk wilayah Indonesia. Sesuai aturan kami, dalam waktu 2 x 24 jam mereka harus melaksanakan. Kalau tidak kami akan memblokir distributor channel,” ujar Semuel Kamis (14/9/2017).

Ia pun mengakui, pihaknya telah mendapatkan banyak sekali aduan dari masyarakat terkait game Fight of Gods ini. Namun, Semual mengaku belum sempat mengunduh game tersebut. “Belum sempat download. Tapi sudah lihat trailer-nya,” ujarnya.

BACA JUGA : Nonton Film

“Kalau dari trailer-nya sih, game ini tidak layak untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Kita adalah bangsa yang beragama. Simbol-simbol agama bukan untuk dipermainkan. Apalagi dipertarungkan. Ini bisa menimbulkan gesekan yang berbau SARA,” pungkasnya

Kominfo Akan Tutup Game Fight of Gods Karena Potensi Berikan Isu Sara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *