Koalisi Masyarakat Sipil Minta Jokowi Mengevaluasi Seleksi Capim KPK

Koalisi Masyarakat Sipil Minta Jokowi Mengevaluasi Seleksi Capim KPK

Koalisi Masyarakat Sipil Minta Jokowi Mengevaluasi Seleksi Capim KPK-Koalisi masyarakat sipil membawa spanduk bertuliskan ‘Jokowi Harus Berani’ di car free day Thamrin-Sudirman. Mereka menuntut presiden Jokowi untuk mengevaluasi 20 nama calon pimpinan KPK karena dugaan cacat kode etik dan integritas.

Pantauan di Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (1/9) sejumlah warga yang mengatasnamakan Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi membentangkan tulisan ‘Jokowi Harus Berani’. Ada juga spanduk bertuliskan ‘Jokowi Harus Pilih Capim KPK yang Bebas Cacat Etik’ hingga ‘Jokowi Jangan Lemahkan KPK’.

Koalisi Masyarakat Sipil tersebut terdiri dari Transparency Internasional Indonesia, ICW, KontraS, LBH Jakarta, YLBHI. Aksi tersebut sebagai simbolisasi agar presiden Jokowi mendorong panitian seleksi Capim KPK untuk memilih kandidat yang bersih dan berani menuntaskan kasus korupsi.

Agus yang sebagai peneliti Transparency International Indonesia mengatakan, di antara 20 nama capim KPK yang mengikuti tes wawancara dan uji publik, beberapa yang memiliki catatan dan bermasalah. Dia juga berharap KPK ke depannya lebih baik.

“Kita tahu persis bahwa dari 20 orang ini masih ada banyak masalah dan secara prinsip bahwa kita ingin KPK ke depan jauh lebih sempurna dari yang sekarang ini.

Selanjutnya, Agus berharap agar presiden Jokowi mengevaluasi capim KPK yang memiliki masalah pada integreitas dan melanggar kode etik. Agus menambahkan aksi yang dilakukan di CFD untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap seleksi capim KPK.

Koalisi Masyarakat Sipil Minta Jokowi Mengevaluasi Seleksi Capim KPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *