Kivlan Zen Dapat Bantuan Hukum TNI Selama Sidang Dalam Praperadilan

Kivlan Zen Dapat Bantuan Hukum TNI Selama Sidang Dalam Praperadilan

Kivlan Zen Dapat Bantuan Hukum TNI Selama Sidang Dalam Praperadilan-Kivlan Zen akan menjalani sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Selama proses praperadilan, Kivlan akan mendapatkan bantuan hukum dari TNI.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sisriadi mengatakan, pemberian bantuan hukum ke Kivlan termasuk hasil koordinasi dengan menteri-menteri di bidang politik, hukum, dan keamanan. Kivlan awalnya mengajukan penangguhan penahanan dan pemberian bantuan hukum.

Sisriadi menerangkan bantuan hukum tersebut merupakan hak bagi seluruh anggota keluarga besar TNI, termasuk Purnawirawan. Hal tersebut diatur dalam Petunjuk Teknis tentang Bantuan Hukum Pidana yang diatur dalam keputusan Panglima TNI No Kep /1447/XII/2018.

Pendampingan hukum yang diberikan sifatnya advokasi dan pendampingan sesuai dengan ketentuan hukum acara pidana yang berlaku. Ia menegaskan pendampingan hukum yang berikan mabes TNI bukan hanya untuk praperadilannya, tetapi juga untuk pokok perkara sampai bersifat inkrah.

“Artinya, bantuan hukum kepada Pak Kivlan tidak hanya pada saat praperadilan saja, tetapi juga selama proses hukum sampai adanya keputusan hukum yang bersifat tetap,” katanya.

Diketahui, Kivlan Zen akan menghadapi sidang praperadilan dengan agenda pembacaan permohonan. Sidang tersebut awalnya dijadwalkan pada hari Senin (8/7) lalu, tetapi ditunda karena termohon, yakni pihak Polda Metro Jaya yang tidak hadir.

Sebelumnya, Kivlan Zen sudah mengajukan gugatan praperadilan untuk melawan Polda Metro Jaya atas status tersangkanya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kivlan keberatan atas status tersangkanya dalam kasus kepemilikan senjata api ilegal dan dugaan makar.

Kivlan Zen Dapat Bantuan Hukum TNI Selama Sidang Dalam Praperadilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *