Kegigihan Sutopo Informasi Bencana Dalam Sorotan Media Internasional

Kegigihan Sutopo Informasi Bencana Dalam Sorotan Media Internasional

Kegigihan Sutopo Informasi Bencana Dalam Sorotan Media Internasional-Semasa hidup, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pernah beberapa kali mendapat sorotan dari beberapa media internasional. Perjuangannya akan mengabarkan informasi bencana alam di Indonesia dalam keadaan sakit kanker, menarik perhatian media asing untuk menuliskan ceritanya.

Sutopo mengatakan, wartawan New York Times yang bernama Richard C Paddock datang ke Indonesia untuk meminta wawancara khusus dan foto. Paddock menilai Sutopo menginspirasi lantaran untuk tetap sigap memberikan informasi seputar bencana di Tanah Air yang sedang tengah sakit kanker yang dideritanya.

Wawancara pada saat itu berlangsung dan Sutopo dimuat di New York Times pada (29/12) dengan artikel berjudul Helping Indonesia Through a Year of Disasters While Facing His Own. Sutopo tidak menyangka dia dimuat di New York Times.

Dalam artikel tersebut, Sutopo diilustrasikan sebagai orang yang tiada lelah mengabarkan kabar bencana di Indonesia. Tetapi, di satu sisi, Sutopo juga harus menghadapi bencananya sendiri yang berupa penyakit kanker.

Dalam tulisan tersebut, Sutopo digambarkan sebagai sosok humas yang sering menyampaikan informasi dengan menggebu-gebu. Padahal, dalam satu sisi Sutopo sedang berjuang melawan kanker paru-paru stadium 4B.

Tetapi, kini Sutopo telah tiada. Dia meninggal dini hari pada pukul 02.00 waktu setempat di rumah sakit Guangzhou, China. Sutopo meninggal dalam perjuangannya untuk melawan kanker paru-paru. Dunia akan tetap mengenangnya sebagai salah satu Humas yang tidak letih mengabarkan informasi bencana.

Kegigihan Sutopo Informasi Bencana Dalam Sorotan Media Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *