Aset Novanto Akan Dilelang Jika Uang Pengganti Tak Bisa Diganti

Aset Novanto Akan Dilelang Jika Uang Pengganti Tak Bisa Diganti

Aset Novanto Akan Dilelang Jika Uang Pengganti Tak Bisa Diganti-Vonis mantan Ketua DPR akan segera di eksekusi KPK dengan membawanya ke Lapas Sukamiskin, Bandung. Namun, hal itu tidak sampai disana saja , Novanto diharuskan membayar sejumlah denda berupa uang pengganti yang disebut hakim dikorupsi oleh eks Ketua DPR itu.

“Setelah (eksekusi) itu, ada kewajiban dari terpidana membayar uang pengganti sesuai putusan pengadilan dan juga membayar denda. Ada putusannya di sana,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

Aset Novanto Akan Dilelang Jika Uang Pengganti Tak Bisa DigantiDenda yang wajib dibayarkan Setnov sendiri sebesar USD 7,3 juta, dikurangi Rp 5 miliar yang telah dititipkannya ke KPK. Dalam pengembalian tersebut, menurut Febri, Dalam undang-undang jelas tertulis jangka waktu pengembalian uang pengganti tersebut. Jika Novanto tidak mampu membayar, aset terpidana akan dilelang sebagai penggantinya.

“Terpidana wajib membayar uang pengganti itu. Kalau tidak membayar atau tidak sanggup, akan dilakukan penyitaan terhadap aset-aset dari terpidana hingga dilakukan proses lelang untuk memenuhi uang pengganti tersebut,” kata dia.

BACA JUGA : Suara Dunia

Sementara itu, proses eksekusi vonis Novanto sendiri, disebut Febri, telah berada di tahap administrasi. “Sekarang sedang proses administrasi. Saya kira dalam waktu dekat, semoga minggu ini sudah bisa diselesaikan proses eksekusi. Eksekusi pidana penjaranya tentu dilakukan ke Lapas Sukamiskin,” ucap Febri.

Mantan Ketua DPR itu divonis 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, hak politik Setnov dicabut selama 5 tahun.

 

Aset Novanto Akan Dilelang Jika Uang Pengganti Tak Bisa Diganti

NONTON JUGA : BioskopQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *